Minggu, 23 Februari 2014

"Phobia Kegelapan" Atau "Achluophobia"

         Achluophobia adalah salah satu jenis phobia yang memiliki tingkat pengidap yang cukup banyak.Achluophobia atau phobia (ketakutan yang hebat) terhadap kegelapan atau suasana gelap.Tahukan andah bahwa ternyata tidak hanya anak kecil yang takut akan kegelapan.
Banyak orang dewasa yang juga takut gelap dan tidak mau ditinggal dalam tempat gelap sendirian. Mereka mengaku merasa sangat takut bahkan sampai pingsan apabila ditinggal di tempat gelap sendirian.Hasil riset ini juga menunjukkan bahwa 60 persen penderita phobia mengaku mengidap phobia sejak kecil dan hingga mereka dewasa dia tidak mampu menghilangkan rasa takutnya terhadap gelap.


Bahkan sebagian besar dari mereka juga mengaku bahwa mereka tidak dapat tidur terlelap tanpa menyalakan lampu dan tidak mematikan lampu ketika keluar rumah karena takut akan melihat rumah mereka dalam keadaan gelap ketika pulang.Pada saat pengidap phobia gelap ini berada di dalam keadaan atau suatu tempat yang gelap, rasa takut akan kegelapannya akan memanipulasi otaknya dengan segala rasa takut dan cemas. Hal ini akan mengakibatkan pengidap phobia kegelapan ini menjadi merasa lemas, bahkan seluruh tubuhnya bisa saja serasa lumpuh dan tidak dapat berbuat apa-apa.

      Dalam kegelapan seperti ada sesuatu yang mengancam hidup .Entah Apa,,,,tapi saat semua cahaya itu padam,,,ketakutan itu cendrung sangat menyiksa,,,Tak jarang penderita berteriak saat lampu tiba" mati,,,atau malah dia terdiam karna sangat takutnya...Saya mengalami phobia gelap itu sejak kecil,samapi di usia saya saat ini 19 tahun.Dan tidak pernah mengerti kenapa ini masih saja menjadi hal yang sangat mengganggu untuk saya.Di mana saya butuh teman atau seseorang yang akan menemani saya saat kegelapan melanda.Seperti hal nya malaikat saya ingin sekali dia menjadi pelindung saya.Bukan bermaksud untuk berlebihan menghadapi kekurangan saya ini.tapi memang saya belum mampu untuk sembuh dari hal ini.

2 komentar:

  1. Terimakasih, penjelasannya sangat membantu^^ semoga bisa menemukan malaikat pelindung itu yaa :)

    BalasHapus
  2. terima kasih atas penjelasannya

    BalasHapus

Nesha Jelita

Blogger Widgets